Warga Serbu Pasar Pangan Murah dan Pelayanan Kolaboratif di Kecamatan Suak Tapeh

Banyuasin, JON com – Dalam rangka stabilisasi pasokan harga pangan dan pengendalian inflasi pangan daerah, Pemerintah Kabupaten Banyuasin melalui Dinas Ketahanan Pangan, menggelar Operasi Pasar Murah berupa paket murah bahan-bahan pokok dan Gerakan Pangan Murah sekaligus pelayanan Kolaboratif, yang berlangsung di Aula Gedung Serbaguna Desa Durian Daun Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin Rabu (15/5/2024).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Masita Liana, SP melalui Sekretaris Dinas Erawan Afrizal, SP mengatakan, sesuai intruksi dan arahan Penjabat Bupati Banyuasin, H. Hani S Rustam, SH, Gerakan Pangan Murah ini sebagai upaya untuk mengatasi gejolak kenaikan harga kebutuhan pokok masyarakat, sehingga memudahkan masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok dan pangan dengan harga yang relatif terjangkau.

“Gerakan Pangan dan pasar murah dapat membantu meringankan beban masyarakat khususnya masyarakat dengan ekonomi menengah kebawah,” katanya.

Karena, lanjut dia harga jual relatif lebih murah dan terjangkau, dari harga pasar pada umumnya karena adanya subsidi dari Pemerintah. Dan pasar murah juga akan digelar secara rutin dengan skala jangkauan daerah yang menjadi prioritas untuk dijangkau.

“Untuk itu kita bersama para vendor sudah menyiapkan sejumlah paket kebutuhan pokok masyarakat untuk dijual dengan harga yang terjangkau,” pungkasnya.

Sementara, Retno, salah seorang warga menurutnya pasar murah ini harga yang dijual lebih murah dibanding dengan harga pasar pada umumnya.

“Pasar murah ini sangat membantu warga, karena harganya lebih murah dari harga pasar, dan juga bisa urus administrasi lainnya tentunya sangat membantu kami yang notabenenya adalah seorang petani karet,” tukasnya.

Selain operasi pasar pangan murah, dilaksanakan juga pelayanan kolaboratif berupa pelayanan Nomor Induk Berusaha (NIB) dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), pelayanan dokumen kependudukan dari Dinas Dukcapil, pelayanan kesehatan gratis dari Dinas Kesehatan, Pelayanan KB gratis dari DP2PAP2KB, dan Pelayanan bagi Keluarga Harapan (PKH) dari Dinas Sosial Kabupaten Banyuasin.

Dinas Sosial memberikan pelayanan dengan Mobil Keliling LK3 Mandiri terlihat dilokasi Plt Kabid Linjamsos Dinsos Banyuasin Yunus Solidin S Sos M Si bersama Korcam PKH Suak Tapeh serta SDM Pendamping PKH.

Kepala dinas Sosial (Kadinsos) Banyuasin Nurlaila S Sos MSi melalui Plt Kabid Linjamsos Yunus Solidin S Sos MSi ketika dikonfirmasi awak media menyampaikan pelayanan ini terus dilakukan bersama dinas OPD Pemkab Banyuasin.

“Dinas Sosial bersama segenap SDM PKH selalu hadir dan memberikan pelayanan disetiap operasi pasar murah yang digelar pemkab Banyuasin” Ujar Plt Kabid Linjamsos Dinsos Banyuasin.

Selanjutnya Yunus Solidin S Sos MSi, menguraikan bahwa Pelayanan dari Dinas Sosial Banyuasin meliputi rekomendasi izin dan perpanjangan tanda daftar yayasan/orsos LKS, izin pengumpulan uang dan barang, izin undian gratis berhadia, pengangkatan Adopsi anak, layanan rujukan ke panti sosial, reunifikasi keluarga bagi ODGJ terlantar dan anak, rujukan bagi orang terlantar, rekomendasi pembuatan akta kelahiran anak terlantar, Usulan DTKS termasuk data Penerima PKH, Sembako BPNT, PBI-JK dan keterangan terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Editor : Joni Karbot