PPNI OKU Selatan dan SMSI Gelar Pelayanan Kesehatan Gratis

OKU Selatan, JON.com- Pelaksanaan kegiatan cek kesehatan gratis dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-6 Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan bekerja sama dengan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) OKU Selatan di Pasar tradisional Saka Selabung berjalan lancar.

Kegiatan cek kesehatan gratis tersebut digelar pada Sabtu 18 Maret 2023 mulai pukul 09:00 WIB hingga 11:00 WIB. Kegiatan ini dipadati oleh pengunjung dan pedagang Pasar Tradisional Saka Selabung, Kecamatan Muaradua, kabupaten OKU Selatan.

Ketua SMSI OKU Selatan Sri Fitriyana mengatakan, kegiatan bakti sosial berupa cek kesehatan gratis ini merupakan wujud hadirinya Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) di tengah untuk masyarakat.

“Seperti instruksi Ketua SMSI Sumsel Jon Heri., S.sos dan Ketum SMSI Firdaus.,M.SI, hadirnya SMSI mesti memberikan warna yang berbeda dan harus dirasakan oleh pengurus beserta masyarakat”, jelasnya Sabtu (18/03/2023).

Lebih lanjut Ayik sapaan akrab Sri mengatakan, kegiatan bansos pemeriksaan kesehatan gratis ini juga dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) ke-49 tahun.

“Secara kebetulan HUT SMSI dan HUT PPNI diperingati di bulan yang sama yakni bulan Maret, hanya beda tanggal. SMSI hari jadinya pada tanggal 7 Maret, sedangkan PPNI 17 Maret, jadi setelah duduk bersama, kita putuskan untuk berkolaborasi mensukseskan kegiatan ini”, tegasnya

Sementara itu Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) kabupaten OKU Selatan Hj. Meliasari mengatakan pengecekan kesehatan gratis ini sebagai upaya membantu Pemerintah daerah kabupaten OKU Selatan dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Kegiatan ini juga bekerja sama dengan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) kabupaten OKU Selatan sebagai Konstituen Dewan Pers atau perpanjangan tangan dewan Pers”,jelasnya

Lebih lanjut Mei mengatakan, kegiatan bakti sosial pengecekan kesehatan gratis berupa cek tekanan darah, asam urat, gula darah dan kolesterol ini dipadati oleh pedagang dan pengunjung pasar tradisional Saka Selabung.

“Alhamdulillah dengan adanya kegiatan ini pengunjung dan pedagang pasar sangat antusias mengikutinya. Kegiatan yang berlangsung kurang lebih dua jam ini, hampir 130 orang yang memeriksakan kesehatan diri”, jelasnya.

Meiliasari berharap kegiatan ini dapat berlanjut ke depannya karena dengan adanya cek kesehatan gratis ini dinilai sangat membantu masyarakat yang memang sering abai terhadap kondisi kesehatan dirinya.

“Kedepan kami berharap, sinergi dengan SMSI OKU Selatan tetap terjaga dan kegiatan-kegiatan positif seperti ini bisa kembali terulang”, pungkasnya

Sementara itu Mar pedagang pasar yang juga memeriksakan diri, mengaku senang dengan adanya kegiatan ini.

“Alhamdulillah dengan adanya kegiatan ini kami masyarakat bisa memeriksakan diri secara gratis. Kegiatan ini baru pertama kali dilakukan di sini, kami masyarakat mengucapkan terimakasih”, jelasnya

Ia juga mengatakan jika selama ini dirinya enggan memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan mengingat kesibukannya sebagai pedagang.

“Selama ini kalau mau kontrol darah, kadar gula, kolesterol dan asam urat tidak punya waktu. Pagi sudah berangkat ke pasar, sore baru pulang, jadi mana ada waktu sedangkan kondisi badan tidak ada keluhan”,pungkasnya (Red)