Pj Bupati Banyuasin Tetap Konsisten Kendalikan Inflasi Di Banyuasin, Gelar Pasar Murah Betung

Banyuasin, JON.com – Untuk terus mengendalikan laju inflasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif, Penjabat Bupati Banyuasin, H. Hani Syopiar Rustam, SH kembali menggelar operasi pasar murah yang kali ini dilaksanakan dihalaman MTI Kelurahan Rimba Asam, Kecamatan Betung, Rabu (24/01/2023).

Guna memastikan pelaksanaan operasi pasar murah berjalan lancar, Hani Syopiar Rustam didampingi oleh Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Banyuasin, Hj. Merry Hani Rustam turun langsung meninjau operasi pasar murah serta ikut membantu para pedagang berjualan hal ini semata-mata ia lakukan dalam rangka menjalankan arahan dari Presiden Jokowi untuk menekan laju inflasi, menurunkan kemiskinan ekstrim, dan stunting yang paling penting bertujuan membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok.

“Kegiatan pasar murah kali ini adalah kegiatan ke-5 kali di tahun 2024 dalam menindaklanjuti arahan dari Presiden Joko Widodo. Kita melakukan kegiatan operasi pasar guna untuk menekan laju Inflasi Daerah di wilayah kabupaten Banyuasin, selain menekan laju Inflasi juga untuk meringankan beban masyarakat. khususnya di Kabupaten Banyuasin seperti yang kita lakukan hari ini di Kecamatan Betung,” tegasnya.

Pj. Bupati Hani mejelaskan, kedepan akan terus bergulir giat seperti ini di kecamatan lainnya secara bergiliran kami bersama Dandim dan Kapolres Banyuasin sebagai mitra kami juga dari Dinas Dukcapil, DPMTSP, Dinas KB, Dinas Kesehatan serta BUMD Sei Sembilang semua kita libatkan semata-mata untuk meringankan beban masyarakat yang ada di Kabupaten Banyuasin.

Selain operasi pasar murah ada juga pelayanan kolaboratif berupa pelayanan Nomor Induk Berusaha (NIB) dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), pelayanan KTP dan KK dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, pelayanan kesehatan gratis dari Dinas Kesehatan Banyuasin, Program Keluarga Harapan (PKH) dari Dinas Sosial Kabupaten Banyuasin, dan Pelayanan KB gratis dari DP2PAP2KB.

Dalam kesempatan ini juga, Hj. Merry bersama Pengurus TP PKK Kabupaten dan Pengurus TP. PKK Kecamatan Betung ikut terlibat langsung mendukung operasi pasar murah yang digelar sekalian meninjau langsung Posyandu Bougenvile II untuk memastikan berjalannya upaya penurunan stunting di Kelurahan Betung. Hal ini juga dilakukan untuk mendukung arahan Presiden Joko Widodo menekan laju inflasi dan juga menjalankan program kesejahteraan yang menyentuh masyarakat luas sesuai arahan Ketua Umum TP. PKK Pusat Ny. Tri Tito Karnavian

Adapun komoditas bahan pokok yang dijual di pasar murah tersebut di antaranya cabai merah keriting, cabai setan, bawang merah, bawang putih, beras, minyak goreng, telur ayam kampung, telur bebek super, ayam kampung, daging sapi dan daging kerbau beku, beras, minyak, sayuran dan produk UMKM Betung.

Antusias terlihat dengan banyaknya masyarakat ingin mendapatkan barang dengan harga yang murah dari harga pasar dan antrian masyarakat juga terlihat untuk mendapatkan pelayanan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) oleh Dukcapil dan Nomor Induk Berusaha (NIB) oleh DPM PTSP yang tersedia jemput bola langsung ke masyarakat, pelayanan KB oleh DP2PAP2KB, puskesmas keliling pelayanan kesehatan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin.

Pasar murah dan pelayanan kolaboratif ini mendapatkan respon sangat positif dari masyarakat Betung. Pj. Bupati Banyuasin menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Banyuasin hadir untuk melayani masyarakat, membantu menurunkan harga pangan dan berperan memberikan pelayanan kolaboratif cepat serta tepat.

Hal ini dilakukan untuk menjalankan intruksi serta Arahan Presiden Joko Widodo, Hani Syopiar Rustam akan terus menggelar pasar murah di Tahun 2024 guna menekan laju Inflasi Daerah. Sebagai informasi operasi Pasar Murah Kabupaten Banyuasin yang telah dilakukan selama Tahun 2023 sebanyak 12 kali dan ditahun 2024 telah dilaksanakan 5 (lima) kali dan akan terus dilakukan di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Banyuasin. (SMSI Banyuasin)