Dinsos Kabupaten Banyuasin Fasilitasi Pembinaan Karang Taruna

Banyuasin, JON.com- Karang Taruna adalah organisasi kepemudaan di Indonsia yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah Desa / Kelurahan atau komunitas sosial sederajat.

Keberadaan Karang Taruna sendiri diatur dalam Permensos nomor 25 tahun 2019 yang berfungsi sebagai wadah pengembangan, pemberdayaan dan pembinaan SDM khususnya pemuda/pemudi dalam lingkup Desa / Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi sampai nasional.

Dalam hal ini peran Dinas Sosial Kabupaten Banyuasin terhadap keberadaan Karang Taruna di Kabupaten Banyuasin selain sebagai Pembina Teknis juga sebagai fasilitator dalam memberikan pendampingan-pendampingan program kerja Karang Taruna tingkat Desa sampai Kecamatan demi terpenuhinya kesejahteraan bagi Karang Taruna itu sendiri. Dilaksakan di Aula Kantor Camat Suak Tapeh Jum’at (01/12/23).

Tahun ini Dinsos Kabupaten Banyuasin melalui Bidang Pemberdayaan, mengelar kegiatan Pembinaan Karang Taruna bagi Pengurus Desa/Kelurahan diwilayah kecamatan Betung, Suak Tapeh dan Banyuasin III.

Kepala Dinas Sosial melalui Kabid Pemberdayaan Sosial, Yudi Santoso, S.Sos, MM mengatakan bahwa Karang Taruna harus berperan aktif terhadap lingkungan sosial dari lingkup terkecil, karang taruna organisasi besar dari pusat sampai ke desa.

“Karang Taruna juga harus berinovasi dalam semua aspek. Mulai dari ekonomi, olahraga, budaya, dan sosial untuk menciptakan lahan pekerjaan bagi pemuda pemudi, serta mengangkat ekonomi dalam mengentaskan kemiskinan dan permasalahan sosial yang ada di desa,” pesannya.

Kagiatan dibuka oleh Camat Suak Tapeh melalui Sekcam Arwin Saleh, S IP, M.Si dengan Narasumber dari Dinsos dan Sekretaris karang taruna kabupaten Banyuasin.