Demi Kenyamanan, 138 Petugas Pelipat Suara Dijaga Ketat Polres Banyuasin

BANYUASIN, JON.com- Personil Polres Banyuasin Operasi Mantap Brata (OMB) 2023-2024 melakukan pengamanan tahapan kampanye dengan menjaga ketat di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuasin, Selasa (9/1) pukul 16.00 WIB.

Personil OMB yang melakukan pengamanan di Kantor KPU Banyuasin tersebut berjumlah 12 orang yakni Aiptu Rahdian, Aipda Yuwanto, Bripka Yudhi Wardana, Bripka Handoyo, Bripka Angga N, Brigadir Wahyu Pratama, Brigadir Angga S, Briptu Alba Kamiba, Briptu Nursalam, Briptu Dian Kurniawan, dan Bripda M Agung Satria.

Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra SIK mengatakan, dalam pengamanan tersebut Personil OMB memonitoring kegiatan sterilisasi oleh petugas KPU terhadap peserta pelipatan kertas surat suara Presiden dan Wakil Presiden.

Selain itu lanjut Kapolres, juga melakukan pengecekan dan pengamanan tempat pelipatan surat suara.”Jumlah peserta pelipat surat suara sebanyak 138 orang. Personel Pam KPU Banyuasin stand by, situasi sampai dengan saat ini aman dan kondusif,” ujar Kapolres.

Menurut Kapolres, dilaporkan situasi kondisi gudang di KPU Banyuasin dalam keadaan terkunci dan aman, terdapat 13 titik CCTV online dan 2 titik offline.”Untuk pelipatan kertas surat suara Presiden dan Wakil Presiden dilaksanakan hingga pukul 23.00 WIB,” jelas dia.

Secara umum situasi kondisi di KPU Banyuasin dalam keadaan aman dan kondusif.”Untuk personel pengamanan dari Polri masih ditempatkan di tenda Polri yang ditempatkan di depan kantor KPU Banyuasin.

Pemasangan CCTV oleh TIK Polda Sumsel di kantor KPU Kabupaten Banyuasin. Kapolres Banyuasin didampingi oleh Wakapolres Banyuasin melaksanakan pengecekan personil PAM beserta pelipatan surat suara.

Kapolres menyebut, sebelum peserta masuk ke tempat pelipatan suara, pihak KPU membacakan dan menyampaikan tata tertib yang berlaku dan wajib dipatuhi selama proses pelipatan surat suara kepada seluruh peserta pelipat suara.

Saat ini di KPU Banyuasin telah dilaksanakan kegiatan pelipatan surat suara Presiden dan Wakil Presiden yang akan berlangsung dari tanggal 05 s.d 20 Januari 2024

Waktu pelaksanaan dimulai pukul 08.00 WIB s d 23.00 WIB (08.00 WIB s.d. 17.00 WIB dilanjutkan pukul 19.00 WIB s.d. 23.00 WIB. “Tahap pertama yang akan dilakukan pelipatan adalah surat suara Presiden dan Wakil Presiden tahap selanjutnya DPD RI. Tempat pelaksanaan lipat sortir surat suara di Aula KPU. Banyuasin,”tutup dia.